Ukuran Kuda 56 Juta Tahun yang Lalu

Berapa ukuran kuda 56 juta tahun yang lalu?


Tubuh kuda kira-kira seukuran dengan kucing rumah. Faktanya apa ya?

Sebuah tim ilmuwan yang dipimpin oleh peneliti dari University of Florida dan University of Nebraska telah menemukan korelasi antara suhu lingkungan dan ukuran tubuh pada mamalia berdasarkan pada evolusi kuda yang pertama kali diketahui yaitu Sifrhippus sandrae.

Ini adalah rekonstruksi model Sifrhippus sandrae (di kanan) menyentuh hidung kuda modern Morgan (Ilustrasi oleh Danielle Byerley, Florida Museum of Natural History)

Kuda ini hidup di hutan-hutan Amerika Utara 56 juta tahun yang lalu, termasuk selama rentang waktu 175.000-tahun yang dikenal sebagai zaman Thermal Maximum Paleocene-Eocene (PETM). Saat suhu global rata-rata meningkat sekitar 10 derajat Fahrenheit selama periode ini, sekitar sepertiga dari spesies mamalia meresponnya dengan penurunan yang signifikan dalam hal ukuran.

Dengan menganalisis ukuran dan kimia dari gigi fosil Sifrhippus yang ditemukan di Wyoming, negara bagian di wilayah Rocky Mountain Amerika Serikat, tim telah mencoba untuk menyelidiki lingkungan seperti apakah saat gigi tersebut tumbuh.

Hasilnya, diterbitkan dalam jurnal Science internasional, menunjukkan bahwa sandrae awalnya ditimbang sekitar 12 pound (5,6 kg), tetapi kemudian menyusut sekitar 30 persen seukuran kucing rumah kecil (sekitar 8,5 pound atau 4 kg) di awal PETM, saat iklim menghangat.

Kemudian, spesies tersebut tumbuh tiba-tiba pada akhir pendinginan iklim, mencapai sekitar 15 pon (7 kg).

Para ilmuwan telah memperkirakan bahwa peningkatan suhu atau konsentrasi tinggi karbon dioksida terutama menyebabkan fenomena pada sandrae dan mamalia lainnya selama periode ini.

"Untuk pertama kalinya - kembali ke puluhan juta tahun yang lalu - kami mampu menunjukkan bahwa memang temperatur telah menjadi penyebab pergeseran ukuran tubuh dalam keturunan kuda ini," jelas Dr . Jonathan Bloch, asisten penulis pada studi tersebut dan kurator paleontologi vertebrata di Florida Museum of Natural History di Universitas Florida di Gainesville.


dari Study Suggests Global Warming Shrank Earliest Known Horse
http://www.sci-news.com/paleontology/article00195.html